Definisi dan Perbedaan Jenis - Jenis Kopi

penjelasan dan perbedaan jenis jenis kopi yang populer


Kopi.

Kopi itu apaan sih ?

kok bentuknya kaya kacang tanah ?

naahh pada kesempatan ini, penulis akan menjelaskan sekilas tentang pengertian dan perbedaan jenis kopi yang populer di Indonesia,
hayooo kopi apa yang jadi favorit kamu ??


Semua orang pasti mengenali kopi yang telah di olah atau Roasted Bean Coffee, tapi sebagian tidak mengetahui tanaman kopi yang sebenarnya. Kopi berasal dari Genus tanaman yang dikenal dengan nama Coffea. Dalam Genus ada lebih dari 500 marga dan 6000 spesies pohon tropis dan semak belukar yang tersebar di seluruh benua. Kata para ilmuna nih, ada sekitar 25 sampe 100 spesies tanaman kopi yang berhasil dikenali. Genus ini pertama kalidi jelaskan pada jaman dahulu, yaaa gak sampe ke jaman megalitikum sih, masih abad abad ke-18 olleh ahli Botani (tanaman) dari negri ibrahimovic, yap swedia. Namanya CAROLUS LINNEAUS yang juba menggambarkan Coffea Arabica di species Plantarium pada tahun 1753.  dari namanya kita bisa tau bahwa dia ilmua yang sering dehidrasi, hahah aus bro aus … garing euy OK next.
tapi para ahli tidak setuju dengan klasifikasi itu karena tanaman kopi dapat berkisar secara luas. Mereka tumbuh menjadi pohon tinggi sampai ke semak belukar.

SEJARAH LENGKAPNYA DISINI : Awal Mula Kopi di Indonesia

Gimanasih Ciri – Ciri Pohon Kopi ?

Yang jelas gak kaya pohon toge ya gan. Pohon kopi tumbuh paling baik di tanah yang subur, yaaa tumbuh disekitar pegunungan gitu gan, tanah di sekitar pegunungan kan terkenal dengan kesuburannya. Bukan subur yang itu yaa.. awas salah gan hehe. Ditambah dengan suhu yang ringan dan hujan deras terus mataharinya yang teduh. Gak terlalu panas gak terlalu mendung, berawan gitu deh.
penjelasan tentang ciri - ciri pohon kopi
ciri - ciri pohon kopi

Pohon kopi bisa tumbuh tinggi sampe 30 ft (30 feet atau 9 meter) lebih, tapi yang banyak kita temui kok pendek – pendek ya ? iyaa gan, itu bukan karena pohonnya yang bantet atau cebol gan, itu karena petani memangkas tanamannya untuk menghemat energidan biar gampang panen. Kalo gak di pangkas, Kebayangkan kalo tiap panen para petani harus manjat sampe 9 meter ke atas. Wwiihhh,,serem juga breehh..


Setiap pohon kopi ditutupi sama daunnya yang lebat dan tumbuh di setiap cabang, karena tumbuh di siklus yang terus menerus, tanaman kopi gak berbunga gan, buah hijau dan buah yang sudah matang tumbuh bersamaan pada satu tangkai. Naahh ini nih yang menjadi tantangan para petani kopi untuk melatih kesabaran dan menghasilkan kopi terbaik. Sabar ? hasil kopi terbaik? Maksudnya ? gini nih, sekali panen, para petani enggak etik dari satu pohon aja gan, ada buanyak pohon kopi yang harus di panen, kesabaran mereka di uji ketika mereka harus memetik buah kopi yang sudah benar benar matang, biasanya berwarna merah cerah dan membiarkan biji yang masih hijau atau mentah. Untuk hasil kopi yang baik haruslah kopi yang diolah dari biji kopi yang sudah matang. Kalo yang masih ijo ijo mah kurang baik, merusak kualitas kopi yang dan jelas hargakopi pun jadi turun.

Kapan kopi bisa di panen ? 

kopi dipetik dan dijemur di bawah sinar matahari langsung
kopi dipetik dan dijemur

Naahh selain kesabaran petani diuji pas waktu panen kopi, para petani juga harus bersabar karena waktu yang dibutuhkan untuk tanaman kopi mencapai usia siap panen ialah 5 tahun. Itu usia ideal pertumbuhan tanaman kopi memproduksi buah penuh. Kopi juga terbilang tanaman yang panjang umur lhoo.. dia bisa hidup sampe 100 tahun, umumnya antara usia 7 sampai 20 tahun adalah usia paling produktif bagi pohon kopi. Tapi dengan perawatan yang baik dan tepat mampu mempertahankan bahkan meningkatkan prduksi kopi selama bertahun tahun kedepan, tergantung varietasnya.

Kopi popular

Di dalam industry kopi komersial, ada 2 jenis kopi yang paling dikenal oleh masyarakat dunia, ada kopi ARABIKA da nada kopi  ROBUSTA. mau kenalan gak ? kita kenalan aja ya biar tau jenis kopi apasih yang sering kamu nikmatin atau mungkin jadi kopi favorit kamu.

ARABIKA

penjelasan tentang biji kopi arabika
COFFEA ARABICA – COFFEE ARABICA
Kopi arabika adalah keturanan asli dari phon kopi yang ditemukan di Ethiopia. Aromatik ringan yang dihasilkan kopi arabika ini menjadi aroma yang khas kopi arabika. Kopi ini juga mewakili sektiar 70% dari produksi kopi dunia. Biji kopinya lebih datar dan lebih memanjang disbanding Robusta, kopi arabika juga rendah kafeinnya lho. Harganya juga cukup tinggi di pasar kopi dunia, yaa mungkin karena kopi ini banyak peminatnya di belahan bumi.

LEBIH LENGKAP TENTANG KOPI ARABIKA

Kopi arabika yang baikadalah kopi yang tumbuh di dataran tinggu, umumnya tumbuh di antara 2000 sampai 6000 ft (610 sampai 1830 meter diatas permukaan laut) meskipun ketinggian optimal bervariasi tergantung dengan kedekatan dengan ekuator bumi. Factor yang tidak kalah pentinnya lagiadalah suhu harus tetap ringan, idealnya antara 59 sampai 75 derajat Farhenheit, dengan curah hujan sekitar 60 inch per tahun. Pepohonan kopi butuh kehangatan yang cukup, dan suhu dingan yang baik karena jika terlalu dingin, pohon kopi akan mati. Hal lain yang membuat harga kopi arabika tinggi ialah dataran yang ideal untuk pertumbuhan mereka cenderung dataran tinggi yang curam dan aksesnya cukup sulit. Para petani kopi juga harus pintar memilih – milih tempat yang cocok untuk pertanian kopi arabika. Kopi arabika juga lebih rentan terkena pernyakit dibandingkan rivalnya kopi robusta, perawatan dan perhatian lebih sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas kopi arabika ini.

ROBUSTA

penjelasan tentang biji kopi robusta
COFFEA CANEPHORA – C. CANEPHORA VAR. ROBUSTA

Sebagian besar kopi robusta dunia tumbuh di Afrika Tengah dan Barat, kira – kira di Wakanda ada yang nanem kopi robusta ga yaa ??.  sebagian juga hidup di Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Vietnam, di Brazil juga ada lhoo.. Produksi kopi Robusta meningkat walaupun hanya menyumbang sekitar 30% dari pasar kopi dunia. Di kopi instan dan kopi campuran banyak yang menggunakan kopi robusta juga.

Bedanya apasih ? kek bentuknya sama sama aja ?

Kopi robusta itu cenderung lebih bulat dan kecil gan, pohonnya juga lebih sehat dan kuat terhadap penyakit dan parasit, makanya kopi robusta lebih mudah dirawat dan diolah, dan juga lebih murah dipasaran. Pohon kopi Robusta memiliki keuntungan, yaitu dapat menahan iklim yang lebih hangat. Makanya kopi Robusta dapat kita temui di dataran rendah dari kopi Arabika. Suhu yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kopi Robusta kostan antara 75 sampai 85 derajat Farhenheit. Kopi Robusta juga membutuhkan curah hujan sekitar 60 inch pertahun dan tidak tahan dengan suhu yang terlalu rendah. Kopi Robusta menghasilkan cita rasa kopi yang khas dibanding kopi arabika. Kopi Robusta juga. Yang sedang menjaga kafein di dalam tubuh, hati hati niihh, karena kopi Robusta memiliki kadar kafein yang cukup tinggi, sekitar 50 sampai 60% lebih banyak dari kopi Arabika.

-
-

Kira – kira seperti itulah penjelasan seputar kopi, sebenarnya masih banyak pengetahuan tentang kopi yang harus di gali dan dipelajari seperti cara merawat kopi, cara memetik biji kopi yang benar, cara memroses kopi yang baik, sampai ke cara penyeduhan yang merupakan factor penting dalam penyajian kopi sehingga para penikmat kopi dapat menikmati rasa kopi yang asli dan manfaat yang sangat berguna bagi tubuh. Jangan salah lhoo.. penyajian kopi yang tidak benar akan mempengaruhi cita rasa, manfaat bahkan sampai ke aroma kopi yangt idak keluar. Maka dari itu, demi kesejahteraan bersama, mari support, share dan sampaikan komen kritik atar saran yang membangun di blog ini agar dapat membagikan ilmu dan mampelajari hal baru tentang kopi yang insyaallah akan bermanfaat untuk para pembaca yaaa… terimakasih sudah menyamak diblog ini, nantikan update – update lain tentang kopi dan sekitarnya.

Kalo mau Order Kopi Arabika Asli Garut Harus Kemana ??

design untuk pemesanan kopi arabika asli garut

Oh yaaa. Buat kalian yang suka kopi atau coffeecholic, kalian bisa memesan kopi arabika premium asli Garut Jawabarat. Dipetik dan di proses dengan sangat teliti dan hati – hati agar menghasilkan kopi yang terbaik untuk penikmat kopi seperti agan agan. Untuk info sekitar pemesanan, agan – sista coffeecholic dapat menghubungi nomor dibawah ini yaa..
WA 085254650675

Sumber asli artikel ini : http://coffeeland.co.id/apa-itu-kopi/