Arabika, Kopi Hitam Primadona Kaya Manfaat


penjelasan tentang kopi arabika dan manfaatnya
Coffea Arabica
Well, mungkin kita lebih mengenalnya dengan nama Kopi Arabika. Si kopi pahit kaya manfaat yang hampir menguasai 70% kopi didunia, kopi paling laku di dunia gan. Terlebih lagi kita, Indonesia berada di peringkat ke – 3 dunia untuk penyuplai kopi arabika di pasar kopi dunia. Keren kan..?!! ya iyalah, tanah Indonesia gituloohh.. batang singkong di tancep di tanah aja bisa tumbuh jadi pohon singkong, subur banget tanah kita ini, itu sebabnya bangsa kita banyak dijajah Negara eropa. Eiitss.. tapi kita disini bukan mau bahas tentang sejarah Indonesia yaaa.. kita akan membahas tentang kopi arabika.

Udah pada tau belum tentang kopi varietas Arabika yang jadi primadona kopi dunia ini ?
Naahh di postingan kali ini, penulis akan menjelaskan tentang seluk beluk kopi arabika. Insya Allah akan bermanfaat bagi pembaca semua.

Okehh let’s start reading, bismilillah.

Kopi Arabika

kopi arabika asli garut

Kita mulai dari identitas lengkapnya menurut mbah Wikipedia. Coffea Arabica ialah nama binomialnya, Seorang ilmuan Swedia bernama Carl Linnaeus (Carl Von Lenne) diketahui adalah orang yang pertama kali mengklasifikasikan tanaman ini pada tahun 1753. Berikut Klasifikasi Ilmiahnya, tanaman ini termasuk dalam Kindom Plantae, Ordo Gentianales, Famili Rubiaceae, Subfamili dari Ixoroideae, Bangsa Coffeeae, Genus Coffea, Spesies C. Arabica. Menurut penelitiannya, Kopi Arabika mengandung Kafein sebesar 0,8 – 1,4%.

BACA JUGA YU TENTANG DEFINISI KOPI

Kopi Arabika ada spesies kopi pertama yang ditemukan dan dibudidayakan manusia hingga sekarang. Kopi Arabika saat ini menguasai sebagian besar pasar kopi dunia yang dimana Indonesia adalah penyuplai kopi ke – 3 terbesar di dunia. Tentu saja kita dapat dengan mudah menemukan perkebunan besar kopi di beberapa wilayah Indonesia seperti di daerah pegunungan Garut Jawa Barat, Bogor, Sukabumi, ada juga di wilayah Sumatra seperti Toraja yang terkenal dengan kopi Torajanya, Sumatra Utara, Aceh dan beberapa di wilaya Indonesia Timur. Perkembangan Kopi arabika di Indonesia ini sangat erat hubungannya dengan sejarah di masa penjajahan bangsa Indonesia oleh penjajah Pemerintah Bangsa Belanda dahulu kala.

Kalo penasaran tentang sejarahnya, kamu bisa baca artikel SEJARAH KOPI.


Pohon Kopi Arabika

penjelasan tentang kopi arabika dan manfaatnya
Pohon Kopi Arabika

Pohon kopi pada umumnya bisa tumbuh sampai 30 ft (9 meter), tetapi pohon Kopi Arabika ini cenderung lebih pendek dibanding varietas lain seperti Kopi Liberika dan Robusta. Banyak petani kopi yang memangkas pohonnya agar tumbuh lebih pendek, yaahh biar memudahkan dalam proses panen biji kopinya gan, kebayangkan kalo tiap panen petani harus manjat 9 meter buat metik biji kopinya, iihhhh serem juga, makanya para petani memilih memangkasnya agar tumbuh lebih pendek.
Tempat yang baik untuk pertumbuhan pohon kopi arabika adalah di dataran tinggi, sekitar 700 – 1700 MDPL dengan suhu konstan sekitar 16 – 20 derajat Celcius. Ketinggian ini bisa bervariasi tergantung kedekatan dengan ekuator bumi. Pohon kopi Arabika akan tumbuh baik di tempat yang curah hujannya konstan sekitar 60inch per tahun. Jika terlalu dingin, pohon kopi Arabika akan mati, yaa kaya hati gitu gan, kalo dia nya terlalu dingin hati bakal mati juga kan.. hahaha

Pohon Kopi Arabika memiliki daun yang harum, berwana hijau pekat. Cabangnya berlawanan, tumbuh horizontal dan berpasangan, biji kopinya berbentuk lonjong atau elips, berwarna hijau dan akan berubah merah atau kuning saat sudah matang, gak seperti pohon berbuah lainnya yang buahnya menjuntai turun kebawah, buah atau chery pohon kopi justru tumbuh di setiap cabang horizontalnya. Ini yang mengharuskan para petani memendekan pohon kopi biar gampang metiknya.

Umumnya pohon kopi arabika bisa dipanen setelah masa penanaman lebih dari 2 tahun, dalam luas perkebunan 1 hektar saja pohon kopi arabika bisa menghasilkan 1 ton kopi gelondongan jika di kelola dan dirawat dengan baik. Menggiurkan boss..!!! tetapi dibalik rasa dan aroma yang khas, pohon kopi arabika sangat rentan terhadap penyakit HV atau Hemileia Vastatrix (karat daun kopi) terlebih jika ditanam dibawah ketinggian 700MDPL.  Ini adalah salah satu factor yang menyebabkan harga varietas kopi arabika menjulang tinggi di pasar kopi dunia. Bukan Cuma hati aja yang perlu perhatian lebih, pohon kopi arabika juga sangat perlu perhatian dan perawatan extra agar menghasilkan kopi yang berkualitas. faktor lainnya yang tidak kalah penting dalam menjaga kualitas dan nilai jual kopi arabika ialah pada proses panen, kopi arabika yang baik adalah kopi yang dipetik saat sudah matang, karena chery pada pohon kopi arabika tidak semuanya matang merata, para petani harus memilih chery yang sudah matang sempurna. Yappp… metiknya satu satu boss,, gak bisa langsung di durudud jebret..


Biji Kopi Arabika

penjelasan tentang kopi arabika dan manfaatnya
biji kopi arabika
Kalau lihatnya sekilas sih sama bentuknya antara biji kopi Arabika dan biji kopi lainnya, tetapi jika diperhatikan lebih teliti lagi, ada perbedaannya loh.. biji kopi Arabika berbentuk sedikit memanjang dan pipih. Teksturenya yang lebih halus dibanding kopi robusta membuat aroma dan rasa kopi arabika yang khas lebih keluar dan terasa. Kadar kafeinnya pun jauh lebih rendah daripada kopi robusta, sekitar 50% lebih rendah dari kopi robusta, cocok banget nih buat pecinta kopi yang lagi diet kafein.

Untuk harganya, per 250gram harga kopi arabika siap seduh atau sudah di grind berkisar antara Rp.70.000 - Rp.120.000. Harga tersebut bersifat fleksibel guys, tergantung jenis kopi dan bagaimana prosesnya. Biasanya untuk konsumsi pribadi, para pelanngan memesan kopi siap seduh atau sudah di grind. Ada juga yang memesan yang belum di grind atau masih berbentuk biji, biasanya untuk bekal atau pengiriman jarak jauh.

naahh.. tergantung bagaimana kebutuhan anda yahh... mau pesan yang sudah siap seduh biar praktis dibawa kemana - mana boleh, atau mau yang masih berbentuk biji boleh, tapi khusus untuk yang berbentuk biji, kamu harus punya grindernya yaaa (penggiling), atau ditumbuk juga boleh sih, hahha tergantung selera..

Manfaat kopi Arabika

penjelasan tentang kopi arabika dan manfaatnya
manfaat meminum kopi

Kopi bukan sekedar minuman biasa loh gan, kopi mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi tubuh, selain menjadi minuman yang paling diminati di dunia, kopi juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, bahkan jika diolah dengan baik kopi menjadi obat juga lho.. yuk simak manfaatkopi berikut :

1. Menjaga Stamina Tubuh

kafein yang terkandung didalam kopi arabika merupakan sumber energy untuk otak, dan sangat ampuh untuk menjaga kesehatan sekaligus memberikan stamina extra. Sangat membantu kita untuk beraktifitas.

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Minum kopi arabika secara teratur dapat menurunkan beberapa resiko masalah mulut seperti radang gusi, plak, bahkan kanker mulut. Tapi, jangan minum kopinya jangan kebanyakan gula ya. Nanti malah menyebabkan berbagai masalah lain.

3. Mencegah Kanker

Karena AntiOksidan yang tinggi, kopi arabika menjadi minuman yang efektif dalam melawan sel kanker dalam tubuh. Selain untuk regenerasi sel, AntiOksidan juga membantu menyeimbangkan nutrisi dalam darah sehingga dapat melindungi tubuh dari sel kanker.

4. Mencegah Alzheimer

buat yang gampang lupa susah ingat hehehe.. minum kopi arabika dapat membantu tubuh melindungi otak dari penurunan kinerja saraf pada otak. Alzheimer diakibatkan gaya hiduptidak sehat, factor genetic dan sebagainya.

5. Meningkatkan Adrenalin

Tidak hanya membantu membakar lemak didalam tubuh, kopi arabika juga dapat meingkatkan adrenalin dalam darah. Adrenalin yang meningkat dalam darah dapat membantu tubuh berkonsentrasi, kita bisa lebih focus dalam bekerja maupun beraktifitas.

Selain menjadi minuman popular jaman now, kopi juga mempunyai berbagai manfaat bagi tubuh. Bahkan kalau di fikir lagi, ampas kopi bisa dijadikan sebagai pupuk tanaman. Wow..
ohh ya, selain beberapa manfaat diatas, ada beberapa manfaat lagi yang penulis belum cantumkan dan mungkin ada berjuta manfaat lain yang belum ditemukan. Manfaat yang terkandung didalam kopi dapat berkhasiat secara maksimal didalam tubuh jika kita mengkonsumsinya di waktu yang dianjurkan dan tentunya dengan cara yang benar. Beberapa studi kesehatan mengemukanan bahwa kopi memiliki efek negative pada tubuh kita jika kita mengkonsumsinya secara asal – asalan dan berlebihan. Naahh maka dari itu marilah hidup sehat dengan mengkonsumsi kopi diwaktu yang tepat dan dengan cara yang benar. Soo.. keep healty and stay sruputapik.

well guys.. begitulah kiranya penjelasan seputar kopi arabika, semoga bermanfaat bagi pembaca, kalo ditambah share dan like itu akan menambah semangat bagi penulis. Oh iyaa, mohon maaf kalo ada salah kata atau ada informasi yang kurang tepat. Agan jangan malu untuk menyampaikan kritik dan saran ke penulis yaa..

Oh yaaa. Buat kalian yang suka kopi atau coffeecholic, kalian bisa memesan kopi arabika premium asli Garut Jawabarat. Dipetik dan di proses dengan sangat teliti dan hati – hati agar menghasilkan kopi yang terbaik untuk penikmat kopi seperti agan agan. Untuk info sekitar pemesanan, agan – sista coffeecholic dapat menghubungi nomor dibawah ini yaa..


informasi aslinya dapet dari sini nih :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi_arabika
http://robustafarm.blogspot.com/2015/07/cara-membedakan-kopi-robusta-arabica.html
https://manfaat.co.id/manfaat-kopi-arabika
https://www.nadipos.com/blog/perbedaan-arabika-robusta/