Ini Dia Hal Yang Kamu Belum Ketahui Tentang Kopi Robusta

definisi penjelasan tentang coffea robusta atau kopi robusta - cawenekopi - sruputapik

SRUPUTAPIK - Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba menjelaskan tentang Varietas Kopi Robusta yang merupakan pesain dari Varietas Kopi Robusta. Di postingan sebelumnya (Definisi dan Perbedaan Jenis – Jenis kopi), kita sempat menyimak juga tentang, sekilas perbedaan kedua jenis kopi ini. Naahh disini kita InsyaAllah akan mengulas lebih dalam tentang Kopi Robusta.
Buat yang ketingalan tentang info seputar kopi kopi robusta, kamu bisa kunjungi postingan sebelumnya di beranda atau klik SAYA.
Yoshh.. mari kita mulai kenalan sama Kopi Robusta.

Kopi Robusta
Nama Ilmiah : Coffea Robusta Lindl, ex De Willd
Klasifikasinya
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotuledonae
Bangsa : Rubiales
Suku : Rubiaceae
Marga : Coffea
Jenis : Coffea Robusta Lindl, ex De Willd

INI DIA SAINGAN KOPI ROBUSTA

Mungkin sebagian dari kita akan langsung men-jugde atau menilai bahwa kopi robusta adalah kopi yang diolah dengan cara di rebus. Hahahah bukan ya gans, kopi robusta itu varietas kopi yang merupakan keturunan dari beberapa spesies kopi, terutama Coffea Canephora. Simplenya Canephora itu kakek moyangnya nahh Robusta ini ibarat cicit nya lahh seperti itu kira kira. Yaahh selain Arabika, exelsia, liberika, Robusta adalah varietas kopi lain yang tidak kalah popular. Kopi varietas ini juga mempunyai banyak penggemar di belaha dunia. Terbukti dengan lebih dari 30% biji robusta mendominasi export kopi dunia.

BACA JUGA DEFINISI DAN PENJELASAN JENIS – JENIS KOPI

Kopi Robusta pertama kali ditemukan sekitar tahun 1870 di kongo. Uniknya, pohon kopi Robusta sangat fleksibel, artinya tanaman ini dapat tumbuh di dataran yang tidak terlalu tinggi dengan suhu yang berubah ubah. Kopi Robusta juga termasuk kopi yang sangat produkti, Kopi Robusta dapat menghasilkan 2 kali lipat produksi kopi arabika dalam setahun. Dengan dipengaruhi tanah yang subur dan iklim yang mendukung, membuat Indonesia menjadi Negara terbesar peng-export kopi Robusta di pasar kopi dunia. Wooww.. keren gans.

Kopi robusta tumbuh subur di Afrika Tengah dan barat, sebagian lagi tumbuh di Asia Tenggara seperti Indonesia tentunya, Vietnam. Jangan salah lohh.. walaupun hanya menyumbang 30%dari pasar kopi di dunia, produksi kopi robusta terus meningkat. Bahkan sebagian produsen kopi instan (sachet) menggunakan campuran robusta juga.

BEGINI AWAL MULA KOPI SAMPAI KE INDONESIA

Pohon Kopi Robusta

coffea robusta trees - pohon kopi robusta yang sedang berbuah dan sebagian lagi sudah matang siap panen di pohon
pohon kopi Robusta
Seperti yang sudah disebutkan di atas, kopi Robusta umumnya tumbuh di Afrika Tengah dan Barat dan sebagian tumbuh di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pohon kopi Robusta adalah pohon yang kuat dan lebih tahan terhadap parasite dan penyakit, berbeda dengan pohon kopi Arabika yang rentan terhadap penyakit. Pohon kopi Robusta juga tahan terhadap iklim yang hangat, sekitar 75 – 85 Farhenheit, inilah yang membuat kopi Robusta mampu di budidayakan di dataran lebih rendah dibanding pohon kopi Arabika. Berhabitat dataran yang tidah terlalu tinggi, sekitar 600MDPL, datap mencapai tinggi sampai 5 meter lebih.

Pohon kopi Robusta termasuk pohon yang unik. Pohonnya tumbuh membuntuk payung, daunnya lebih tipis dan daunya yang rata namun ujungnya runcing, panjangnya 5-15 cm, seperti daun pada umumnya yang bertulang menyirip berwarna hijau. Batangnya berkayu keras, berdiri tegak berwarna putih ke abu – abuan. Buah dari pohon kopi Robusta ini berbeda dengan Arabika, buahnya berbentuk bulat seperti telur, berwarna hijau saat mentah dan berubah merah saat sudah matang dan siap panen. Pohon kopi Robusta menghasilkan lebih banyakn buah dibandingkan pohon kopi Arabika. Setidaknya dalam 1 hektar lahan kopi Robusta dapat menghasilkan 1.2 ton biji kopi pertahun. Hampir setengahnya dari hasil pohon kopi Arabika ya gans. Jika dirawat dengan baik dan benar, pohon kopi Robusta dapat hidup sampai umur 100 bahkan lebih dan memperpanjang usia produktifnya. Umumnya pohon kopi mencapai usia produktif antara 5 sampai 20 tahun.

Biji / Ceri Kopi Robusta

robusta coffee beans - biji kopi robusta dari mulat biji mentah berwarna hijau sampai biji yang sudah terlalu matang berwarna hitam
cery coffea robusta
Ceri Robusta atau kita lebih mengenalnya dengan biji kopi Robusta umumnya berbentuk bulat dan agak lebih padat daripada biji kopi Arabika. Ukurannya juga lebih kecil dan teksturnya kasar. Seperti biji kopi lainnya, biji kopi Robusta tumbuh di sepanjang batang pohonnya, tetapi bukan berarti biji robusta akan semuanya matang merata, ada sebagian yang matang dana ada sebagian lagi yang belum. Biji kopi Robusta berwarna merah saat sudah siap panen.  Memiliki kandungan kafein yang cukup banyak, yaitu sekitar 2.2%. Rasanya yang pekat dan pahit menjadi ciri khas kopi Robusta, bahkan beberapa varian kopi robusta memiliki aroma seperti kayu setelah diseduh. Banyak produsen kopi instan yang menggunakan campuran kopi Robusta da nada juga yang mencampur kopi Robusta dan Arabika untuk mendapatkan rasa yang lebih kental namun rendah kafein.

Manfaat Kopi Robusta

kopi arabika sangat bermanfaat untuk membantu dalam kinerja tubuh, kadar kafeeinnya yang banyak bereaksi dengan senyawa dalam tubuh menjadikan tubuh lebih segar dan kuat begadang
manfaat kopi arabika
Pada dasarnya, baik kopi Arabika ataupun Robusta bermanfaat sebagai minuman penambah stamina. Pada zaman dahulu, di Daerah Timur Tengah, para umat muslim meminum kopi agar mereka terjaga saat ibadah malam, bahkan para pemburu pun menggunakan kopi sebagai minuman penambah stamina mereka saat berburu. Nih penulis kasih tahu beberapa manfaat kopi Robusta :

1. Mengurangi Resiko Kanker

sama halnya dengan kopi Arabika, kopi Robusta juga mempunyai manfaat untuk mengurangi resiko terserang kanker prostat, paru – paru, payudara dan pancreas. Asam Antioksidan yang terkandung dalam kopi menjadi zat pelindung tubuh dari resiko penyakit kanker serta penyakit lainnya.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Serangan Jantung

Dengan mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari, kopi berkhasiat sebagai pelindung kardiovaskular pada tubuh dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Penelitiannya sudah dilakukan 41 ribu pria dan wanita, hasilnya.? Mereka terbukti terhindar dari resiko gagal jantung.

3. Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

Kopi Robusta mengandung sekitar 2.2% kafein, hal ini dimanfaatkan oleh tubuh sebagai zat pemicu kenaikan tekanan darah, tapi tenang gan.. efeknya cuman sementara kok, bersifat ‘short – term’ atau efeknya relative singkat. Tekanan darah akan normal kembali setelah kafein selesai diproses oleh tubuh. Tidak hanya berkhasiat untuk menaikan tekanan darah, kafein juga dapat meningkatkan kesehata pembuluh darah Kandungan Nitrit Oksida dalam Endotheliumnya dapat memperkuat sistem otot.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Zat Antioksidan yang terkandung didalam kopi tidak hanya berkhasiat untuk mengurangi resiko kanker aja loh gan. Zat Antioksidan juga dapat meningkatkan kadar Kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, mengurangi resiko peradangan yang dapat mengakibatkan serangan jantung.


Well.. terlepas dari beberapa manfaat diatas, ada berjuta manfaat kopi yang belum penulis cantumkan dan mungkin para peneliti yang lebih tahu belum menemukannya. Tetapi,.. hahahaada tapi nya niihh.. semua manfaat itu akan berguna bagi tubuh jika kita tahu waktu yang baik dan tepat untuk mengkonsumsi minuman sejuta manfaat ini. gak sembarangn lohh.. para peneliti mencoba teori tersebut pada studi kasus, para penikmat kopi diminta mengkonsumsi 8 cangkir kopi setiap harinya. Hasilnya, penelitiannya ini mengungkap hal tersebut meningkatkan rasi Kolesterol Jahat (LDL) dan Kolesterol Baik (HDL) sebanyak 8%.

Jadi jangan sampai kebanyakan mengkonsusimnya yaa.. yang sedang sedang saja. Hal apapun selain kopi juga kalo kita mengkonsinya terlalu banyak kan jadinya kurang bermanfaat, malah sebagian menjadi penyakit seperti mengkonsumsi minuman berkabonasi terlalu banyak, gorengan juga, apalagi janji manis, hmmm jangan deh yaa,,

Okehh kiranya seperti itulah penjelasan seputar kopi Robusta, semoga bermanfaat bagi pembaca. Jika ada tulisan atau isi tulisan yang kurang kurang tepat, penulis mohon maaf dan sangat amat terbuka pagi pembaca untuk mengoreksi dan memberi saran pada penulis.
Nantikan update terbarunya seputar kopi di blog ini, like dan share yaa.. biar temen – temen pada tahu tentang kopi dan manfaatnya.

Oh yaaa. Buat kalian yang suka kopi atau coffeecholic, kalian bisa memesan kopi arabika premium asli Garut Jawabarat. Dipetik dan di proses dengan sangat teliti dan hati – hati agar menghasilkan kopi yang terbaik untuk penikmat kopi seperti agan agan. Untuk info sekitar pemesanan, agan – sista coffeecholic dapat menghubungi nomor dibawah ini yaa..



https://www.nadipos.com/blog/perbedaan-arabika-robusta/
https://ahlikopilampung.com/2013/03/17/tentang-kopi-robusta-dan-khasiatnya/
http://coffeeland.co.id/apa-itu-kopi/
http://robustafarm.blogspot.com/2015/07/cara-membedakan-kopi-robusta-arabica.html
https://www.kupastuntas.co/2018/03/ini-dia-manfaat-kopi-robusta-untuk-kesehatan/